Sang Keajaiban Zaman Said Nursi

Sang Keajaiban Zaman Said Nursi

Sebelumnya, saya mau numpang tanya... Kalian tau Coboy junior ???. Mungkin hanya 3 dari 100 pemuda indonesia yang tidak tau dengan Coboy Junior. Tapi kalau pertanyaan saya ubah menjadi, Siapa yang tau Syekh Said Nursi ?? (Semuanya mlongo) "Krik krik, krik krik". Makanya baca dulu artikel di bawah ini.

Badiuzzaman said nursi, said nursi, syekh said nursi, badiuzzaman, profile said nursi, said nursi kecil, foto said nursi, ulama turki, ulama terkenal di turki, syekh siti jenar, syekh abddulqodir jaelani, abdul qodir jaelani,


Sang Keajaiban Zaman Said Nursi atau lebih tepatnya Syekh Badiuzzaman Said Nursi. Merupakan ulama islam yang sangat terkenal di daerah turki. Beliau adalah ulama yang hidup pada masa runtuhya khalifah islam Turki Utsmani. Dan menjadi tokoh utama yang menentang pemerintahan sekuler barat setelah runtuhnya Kekhalifahan Turki Utsmani.

Saya memang baru mengenal dengan tokoh luar biasa ini, tapi saya sudah sangat cinta dan rindu terhadapnya. Saya mengenalnya lewat sebuah novel sejarah " Api Tauhid " yang dituliskan oleh Habiburrahman El Shiraazy. Ketika saya membaca novel tersebut, tubuh saya merinding sambil menahan air mata yang hampir meleleh. Seakan saya melihat sendiri kejadian demi kejadian yang diceritakan dalam novel tersebut. Syekh Said Nursi meninggalkan karya masterpiece nya Rasaa'ilun Nur yang berjilid jilid. Kalimat kalimat yang dituliskannya bercahaya ketika dibaca. Sangat indah dan menyentuh hati. Sampai saat ini saya masih mencari kitab tersebut.

Beliau adalah ulama yang sangat pintar. Pemikirannya tentang tafsir Al-Quran, tentang kaidah memahami hadist, tentang penyakit umat dan obatnya, tentang fikih dakwah, dan bahkan tentang peradaban qurani, menjadi bahasan guru guru besar di Al Azhar University.

Masa kecilnya selalu diisi dengan menghadiri kajian kajian ulama di daerahnya, Ia sangat senang menghadiri majlis majlis yang sebenarnya hanya untuk orang tua. Ia sangat senang menyaksikan debat debat ulama turki. Ia tidak pernah malu walaupun tidak ada anak kecil lain selain dirinya. Beda dengan pemuda pemuda sekarang yang merasa malu jika hadir di majlis majlis ilmu. 

Said Nursi kecil sangat haus dengan ilmu, selalu bertanya tentang sesuatu yang belum ia ketahui. Selalu menghdiri majlis majlis ilmu. Bahkan beliau, Di usianya yang baru menginjak remaja. Sudah menghafal dan memahami 80 kitab rujukan para ulama. Dan sudah sering mengalahkan para ulama ulama terkemuka dalam debat dengannya. 

Beliau mendapat gelar " Badiuzzaman " yang artinya Keajaiban Zaman ini dari salah seorang ulama Syaikh Molla Fethullah. Gurunya dari Siirt. Ia takjub dengan kemampuan Said Nursi muda yang mampu menghafal satu halaman kitab Maqamaat al haririyyah dalam sekali baca. Dan mampu mengulangi apa yang ia baca tanpa tertinggal satu huruf pun. Itulah pertama kali beliau mendapat julukan Badiuzzaman.

Reahasia di balik kcerdasan akalnya adalah. Karena ia merupakan tokoh yang sangat disiplin menjaga dirinya dari yang syubhat. Sejak kecil hingga tua sangat teguh menjaga pandangan matanya dari yang tidak halal. Orang tua nya yang sangat menjaga kehalalan dari segala hal. Ibunya yang sejak kecil tidak selalu menutup aurat dan tidak pernah sesuatu yang syubhat.

Ayah beliau bernama Mirza. Ia adalah pengembala ternak yang sangat istimewa. Bahkan ia selalu mengikat mulut mulut sapinya ketika jalan. Karena ia takut sapinya akan memakan rumput yang tidak halal. 

Nuriyye adalah Ibunda Said Nursi yang sangat hebat. Ia tidak pernah membuka cadarnya ketika bepergian dan sangat pandai menjaga diri. Ia tidak sekolah melainkan dididik langsug oleh ibunya. Nuriyye selalu berwudhu sebelum menyusui Said Nursi kecil, ia selalu Wudhu sebelum menyentuh bayi istimewa itu. Subhanalloh......

Begitulah rahasia dibalik semua kecerdasan Said Nursi. Tidak ada dalam darah dagingnya sesuatu yang tidak halal. Bahkan di matanya tidak ada sesuatu yang haram. Karena memang kunci menjadi pintar adalah menjaga diri dari maksiat.

Makanya kita sebagai pemuda masa kin. hendaknya selalu menjaga diri dari maksiat, selalu menjaga pandangan kita dari yang tidak halal. Karena Imam Syafi'i saja pernah berkata dalam syairnya." al ilmu nuurun wa nuurullohi laa yuhdaa li'aashyii"..

Semoga artikel saya diatas bermanfaat bagi kalian semua. sebenarnya masih banyak kisah yang menarik dari sosok yang luar biasa ini. Bagi yang masih ingin tau silahkan beli saja buku " Api Tauhid " di Gramedia atau toko buku terdekat.Atau kalian bisa melihat film Bediuzzaman Said Nursi - The Movie.


Sekian...
Salam Tauhid...!!!








Previous
Next Post »

Bagaimana Menurutmu..?? ConversionConversion EmoticonEmoticon