Agama Islam - Hukum menjilat jari setelah makan

Agama Islam - Hukum menjilat jari setelah makan

Agama Islam - Hukum menjilat jari setelah makan kedengarannya memang jorok, Setelah makan kok jarinya dijilatin sih. Rakus banget sih, Bikin nafsu makan orang yang ngeliatnya turun. Bagi yang berpikiran seperti diatas, mereka beranggapan bahwa perbuatan tersebut adalah perbuatan yang tidak pantas dan tidak sopan lagi bertentangan dengan etika modern yang digembor gemborkan oleh orang-orang kafir barat, Setelah kalian membaca postingan saya, pasti anda akan melakukan apa yang selama ini menurut anda menjijikan. Menjilat jari setelah makan..!!!

agama islam,hukum islam tentang pacaran,hadits tentang makan,hadits makan,sunnah rasul tentang makan,sunnah makan,sunnah makan rasulullah,makanan sunnah rasulullah saw,makan sunnah nabi,sunnah nabi makan,makanan sunnah rasul,hukum menjilat
Gambar diambil dari ini   

Hukum menjilat jari setelah makan itu sunnah. Memang banyak yang tidak percaya dengan hukum itu, karena menurut mereka tidak ada dalilnya lah, menjijikan lah, ini itu lah.

Tapi, saya mengetahui hukum ini dari sepotong hadist yang ada di kitab bulughul marom yang saya pelajari di pesantren, dalam kitab itu dituliskan dengan jelas bahwa menjilat jari hukumnya sunnah. Yang bunyinya:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَمْسَحْ يَدَهُ حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا

"Yang artinya : Apabila seseorang telah makan maka jangan cuci tangannya sampai ia telah menjilat tangannya [HR al-Bukhariy: 5456, Muslim: 2031, at-Turmudziy: 1801 dan Ahmad: I/ 221]. [27] "

Apakah hadist itu shahih atau palsu?? Yang saya tahu, semua hadist yang berada dalam kitab buluughul maram adalah shahih dan tidak ada yang palsu. Jadi sudah jelas bahwa menjilat jari sesudah makan hukumnya sunah, dan sebagai ahli sunnah waljama'ah kita harus mengikuti sunah Rasul-Nya. Tidak perlu lagi kita mencari cari dalil yang lain, karena jika sudah ada dalil yang shahih, maka mengikutinya akan mendapat ganjaran.

 Hikmah menjilat jari setelah makan

Sesuatu yang menjadi sunnah rasul pasti ada hikmah tersembunyi yang jarang diketahui. Dalam penjelasan di kitab bulughul maram hikmah hikmahnya adalah sebagai berikut:
  • Semua makanan yang dimakan manusia memiliki berkah yang entah dimana letaknya, bisa jadi berkahnya ada di sisa nasi yang menempel di jari kita.
  • Kita harus berusaha untuk mendapatkan berkah dari apa yang kita makan, karena jika berkah itu tidak kita dapatkan, niscaya makanan yang kita makan tidak membawa manfaat.
  • Menghemat air, karena jika jari kita telah dijilat, maka air yang digunakan akan lebih sedikit. Dan sepatutnya kita sebagai muslim yang baik tidak berbuat sesuatu yang mubadzir.
Sekian postingan dari saya, Jika ada kesalahan mohon dibetulkan lewat comment yang tersedia. Karena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Dan saya masih pelajar, jadi maklum jika ada kesalahan disana sini.
Previous
Next Post »

Bagaimana Menurutmu..?? ConversionConversion EmoticonEmoticon