3 Fakta Penting Tentang Lambang Pandu Sedunia

3 Fakta Penting Tentang Lambang Pandu Sedunia

Lambang Pandu Sedunia - Salam Pramuka..!!
Halo Sahabat Pramuka semua...!! Apa Kabar?? Semoga semuanya dalam keadaan sehat.. :)
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu materi pramuka yang sangat dasar.. yaitu Lambang Pandu Sedunia.. Apa sih lambang pandu sedunia..?? Bagaimana sejarahnya ?? kenapa bentuknya seperti itu?? Itulah yang akan kita bahas pada postingan kali ini...
3 Fakta Penting Tentang Lambang Pandu Sedunia

1. Arti Tiga ujung panah

Lambang pandu sedunia adalah ujung panah yang menunjukan utara pada peta atau kompas. Itu adalah Lambang Pandu Sedunia karena menunjukan arah yang benar dan keatas. Hal itu menunjukan jalan untuk melakukan kewajibanmu serta menolong orang lain. Ketiga ujung tersebut mengingatkan kita semua kepada tiga satya dari janji pramuka.

2. Arti Ujung Panah

Ujung panah ini adalah Lencana Pandu dari hampir semua organisasi pandu nasional ( National Scout Organization ) di Dunia. Untuk membedakan bangsa yang satu dengan bangsa yang lain, maka lambang dari negara tersebut sering dipakai di depan lambang Pandu Sedunia, Misalnya : Di Amerika Serikat, Pada lambang Boys Scout Of America terdapat Rajawali dan perisai nasional berada di depan lambang WOSM. Begitu juga di negara-negara lain.
3 Fakta Penting Tentang Lambang Pandu Sedunia, Lambang Pandu Sedunia

3.  Arti Pita dibawah Lambang WOSM

Di bawah ujung panah terdapat pita, Dengan motto pandu sedunia "Sedia". Pita tersebut ujungnya melengkung ke atas seperti mulut pramuka yang sedang tersenyum, karena pramuka melaksanakan kewajibannya dengan senyuman serta dengan hati yang ikhlas. 

Dibawah pita ini terdapat seutas tali dengan simpul. Simpul tersebut akan mengingatkan bahwa kamu akan selalu berbuat kebaikan setiap hari kepada sesama makhluk hidup.

Itulah ke-3 Fakta Penting Tentang Lambang Pandu Sedunia yang dituliskan langsung oleh baden powel dalam bukunya "Scouting for Boys". Sejatinya baden powel telah membuat lambang ini dengan makna dan pengertian yang bertujuan agar pramuka diseluruh dunia dapat bermanfaat bagi sesama makhluk hidup.. Sekian..

Salam Pramuka..!!


Previous
Next Post »

Bagaimana Menurutmu..?? ConversionConversion EmoticonEmoticon