Sejarah Pramuka Dunia

Sejarah Pramuka Dunia

sejarah pramuka dunia, sejarah pramuka indonesia, baden powel

Sejarah Pramuka Dunia - Pramuka ... Praja Muda Karana. Merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif,  yang wajib diikuti oleh para pemuda masa kini. Karena dengan berpramuka kita dapat mendidik mental kita, agar kelak dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Tapi sebelum sahabat semua tau lebih dalam tentang pramuka, terlebih dahulu kita harus tahu, Bagaimana sih sejarah didirikannya pramuka itu?? siapa sih pendirinya?? langsung saja .. Simak postingan saya kali ini..
Baca juga artikel ini :

Pramuka didirikan oleh seseorang pemuda berkebangsaan inggris. Yang bernama Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau Baron Baden Powell I atau biasa kita sebut sebagai Baden Powwel atau BP. Beliau dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1857, bertempat di Paddington, London. Nama ayah beliau adalah Powell, seorang Professor Geometry di Universitas Oxford. Yang meninggal ketika beliau masih usia 3 tahun. Sedangkan ibunya bernama Henrietta Grace Smyth.

1. Kepribadian Baden Powel 

sejarah pramuka dunia, baden powell, sejarah baden powel, siapa baden powel,
Baden Powell kecil dikenal sangat cerdas, berani, dan lucu. sehingga  ia disukai oleh banyak kawan kawannya. Sikap pramuka sejati memang telah ditunjukkannya sejak kecil. Senang dengan hewan, Pecinta alam, Suka berkemah, Pandai berenang. Pandai memanah, Sehingga ia pun sudah siap dengan pendidikan di alam bebas.

Setamat sekolah di Rose Hill School, Tunbridge Wells, Baden Powel mendapat beasiswa untuk sekolah di Charterhouse. Dan setelah dewasa, Baden Powell bergabung dalam ketentaraan Inggris. Beliau sering ditugaskan di luar Inggris seperti bergabung dengan 13th Hussars di India (1876), dinas khusus di Afrika (1895), memimpin Pasukan Dragoon V (1897), pemimpin resimen di Zulu Afrika Selatan (1880), Kepala Staf di Rhodesia Selatan (sekarang dikenal Zimbabwe) tahun 1896, memimpin The Mafeking Cadet Corps di Mafeking, Afrika Selatan (1899-1900).

2. Sejarah Kepramukaan Dunia. 

Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout.

Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.

Dari sinilah kepanduan dunia dimulai, karena memang buku buku yang dituliskan baden powell sangat menarik dan bagus. Sehingga kemudian kepanduan terkenal sampai ke seluruh dunia dengan nama yang beragam. Berbeda di setiap negara.

3. Jambore Pertama di Dunid

sejarah pramuka dunia, jambore pertama di dunia, jambore pertama

Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Tahun 1930-an Baden Powel mulai sakit-sakitan. Pada tahun 1939 Baden-Powell dan Olave memutuskan pindah dan tinggal di Nyeri, Kenya. Hingga pada tanggal 8 Januari 1941 Baden Powell meninggal dan dimakamkan di pemakaman St. Peter, Nyeri.

Semasa hidupnya Baden Powell mendapatkan berbagai gelar kehormatan, termasuk gelar Lord dari Raja George pada tahun 1929. Pun Baden Powell aktif menulis berbagai buku baik tentang kepramukaan, ketentaraan, maupun bidang lainnya. Beberapa buku tentang kepramukaan yang ditulisnya antara lain, Scouting for Boys (1908), The Handbook for the Girl Guides or How Girls Can Help to Build Up the Empire (ditulis bersama Agnes Baden-Powell; 1912), The Wolf Cub's Handbook (1916), Aids To Scoutmastership (1919), Rovering to Success (1922), Scouting Round the World (1935) dll.

Begitulah Sekilas tentang Sejarah Pramuka Dunia yang tidak pernah lepas dari seorang pemuda berjiwa besar. Lord Baden Powell.

Salam Pramuka!!
Previous
Next Post »

Bagaimana Menurutmu..?? ConversionConversion EmoticonEmoticon