Sekilas Tentang 4 Mazhab Dalam Agama Islam

Bismillahirahmanirrahim
Asslamu'alaikum ....
Apa kabar Saudaraku semua??? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan masih dalam naungan iman. Amiin..

Sekilas Tentang 4 Mazhab Dalam Agama Islam, Mazhab, mazhab dalam islam, Apa sih mazhab itu, Mazhab syafii, mazhab hambali, mazhab dalam islamSudah tidak asing dan tidak langka lagi bagi kita sebagai umat islam tentang mazhab. Agama islam memiliki 4 mazhab yang berbeda beda. Dimana setiap mazhab memiliki imam dan pedoman masing masing. Perbedaan itulah yang kita anggap sebagai rahmat. Namun masih banyak yang belum mengetahui apa sih mazhab itu?? Macam macamnya?? dll. Oleh karena itu kita simak sama sama penjelasan Sekilas Tentang 4 Mazhab Dalam Agama Islam.
Baca juga artikel


1. Apa Sih Mazhab Itu??

Menurut bahasa, Mazhab merupakan Ism makan dari fi'il madhi Zahaba. Sedangkan Zahaba sendiri artinya Pergi. Jadi karena mazhab merupakan ism makan dari zahaba, maka mazhab artinya tempat pergi.

Sedangkan menurut istilah Mazhab adalah Fatwa fatwa atau pendapat pendapat ulama besar atau ulama alim dalam urusan agama. 

2. Kenapa Mayoritas Rakyat Indonesia Memegang Mazhab Syafi'i?? 

Setiap Mazhab memiliki guru dan tokoh tokoh yang mengembangkan Mazhab tersebut. dan biasanya tokoh tokoh tersebut memiliki lembaga pendidikan yang mengajarkan Mazhabnya. Apabila suatu lembaga pendidikan seperti Perguruan tinggi berjalan baik dan berhasil, tentunya akan kedatangan murid yang banyak dari seluruh penjuru dunia. Contohnya di Mesir mazhab As-Syafi'i disana berhasil mengajarkan dan mendirikan perguruan tinggi, lalu punya banyak murid diantaranya dari Indonesia. Maka di kemudian hari, mazhab As-Syafi;i pun berkembang banyak di Indonesia.

3. Tentang Mazhab Hanafi..

Pendiri Mazhab Hanafi ialah : Nu'man bin Tsabit bin Zautha. Beliau Diahirkan pada tahun 80 H yang bertepatan dengan 699 M, dan wafat pada tahun 150 H. Beliau lebih dikenal dengan sebutan : Abu Hanifah An Nu'man, Mazhab Hanafi adalah sebagai nisbah dari nama imamnya, Abu Hanifah. Jadi mazhab Hanafi adalah nama dari kumpulan-kumpulan pendapat-pendapat yang berasal dari Imam Abu Hanifah dan murid-muridnya

Abu Hanifah dalam menetapkan hukum fiqh Berdasarkan kepada tujuh pokok, yaitu : Al Kitab, As Sunnah, Perkataan para Sahabat, Al Qiyas, Al Istihsan, Ijma' dan Uruf.

4. Tentang Mazhab Maliki.

Nama lengkap dari pendiri mazhab ini ialah : Malik bin Anas bin Abu Amir. Beliau diahirkan pada tahun 93 M yang bertepatan dengan 712 M di kota Madinah. Selanjutnya dalam kalangan umat Islam beliau lebih dikenal dengan sebutan Imam Malik.

Dasar-dasar mazhab Maliki diperinci dan diperjelas sampai tujuh belas pokok(dasar) yaitu : Nashul Kitab, Dzaahirul Kitab (umum),Dalilul Kitab (mafhum mukhalafah),Mafhum muwafaqah, Tanbihul Kitab terhadap illat, Nash-nash Sunnah, Dzahirus Sunnah, Dalilus Sunnah, Mafhum Sunnah, Tanbihus Sunnah, Ijma', Qiyas, Amalu Ahlil Madinah, Qaul Shahabi, Istihsan, Muraa'atul Khilaaf, Saddud Dzaraa'i.

5. Tentang Mazhab Syafi'i

Al Imam Muhammad bin Idris Asy Syafi'i adalah pendiri dari Mazhab Syafi'i. Lahir di Guzah (Siria) tahun 150 H bersamaan dengan tahun wafatnya Imam Abu Hanifah yang menjadi Mazhab yang pertama.

Mazhab Syafi'i terdiri dari dua macam :
  • Qaul Qadim : Yaitu Mazhab yang dibentuk sewaktu ia hidup di Irak
  • Qaul Jadiid  : Yaitu Mazhab yang dibentuk sewaktu ia hidup di mesir setelah pindah dari Irak.
Al Imam Muhammad bin Idris Asy Syafi'i dalam menetapkan hukum fiqh Berdasarkan kepada enam  pokok, yaitu : Al kitab, Sunah mutawatirah, Al Ijma', Khabar Ahad, Al Qiyas, dan  Al Istihsab.

6. Tentang Mazhab Hambali

Al Imam Abu Abdillah Ahmad bin Hanbal bin Hilal Azzdahili Assyaibani adalah tokoh pendiri Mazhab Hambali, Beliau dilahirkan di bahdad pada tahun 164 H dan wafat pada tahun 214 H. 

Dasar dasar mazhabnya adalah Nash Alquran atau Nash Hadist,  Fatwa sebagian sahabat, Pendapat sebagian sahabat, Hadist Mursal atau Hadist Dhoif, Qiyas.

7. Daerah Penyebaran Tiap Mazhab.

Daerah penyebaran tiap Mazhab di seluruh dunia dapat anda lihat di peta di bawah ini :

Sekilas Tentang 4 Mazhab Dalam Agama Islam, Mazhab, mazhab dalam islam, Apa sih mazhab itu, Mazhab syafii, mazhab hambali, mazhab dalam islam



Demikian Sekilas Tentang 4 Mazhab Dalam Agama Islam. Yang terpenting adalah kita harus saling menghargai perbedaan fatwa diantara mazhab, Karena dalam islam perbedaan adalah rahmat. Semoga postingan saya dapat bermanfaat.. amiin... Akhirul kalaam...

Wassalam..

Previous
Next Post »

Bagaimana Menurutmu..?? ConversionConversion EmoticonEmoticon